Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Info Wisata Gunung Ijen Banyuwangi: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Gunung yang terkenal karena keindahan kawah dan api birunya ini tak pernah sepi pengunjung. Gunung dengan ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut ini terletak di antara dua kabupaten, yakni Bondowoso dan Banyuwangi.

Butuh waktu 2-4 jam untuk mencapai puncaknya. Sebelum liburan ke sana, ada baiknya simak dulu info wisata Gunung Ijen di Banyuwangi mulai dari rute perjalanan, harga tiket, jalur pendakian hingga waktu yang tepat untuk berkunjung berikut ini!

Transportasi Wisata Surabaya-Kawah Ijen Banyuwangi

Sewa Mobil Surabaya – Kawah Ijen Banyuwangi

  • Avanza.
  • Grand New Innova.
  • Innova Reborn
  • Hiace
  • Elf
  • Grand Fortuner.
  • Alphard
  • Dll

1. Rute perjalanan

Terdapat beberapa rute yang bisa kamu tempuh, berikut di antaranya:

  • Dari Surabaya: naiklah jalan tol menuju Probolinggo yang melewati Bangil dan Pasuruan. Setelah turun dari jalan tol, lanjutkan perjalanan menuju Kraksaan, Besuki, dan Bondowoso. Dari Bondowoso menuju Gunung Ijen butuh waktu sekitar dua jam.
  • Dari Situbondo: berangkatlah dari Situbondo menuju Bondowoso melalui Sempol dan Wonosari, dan kamu akan sampai di Paltuding. Rute ini menyuguhkan pemandangan kebun kopi dan hutan pinus yang indah. Perjalanan dari Situbondo menuju Bondowoso memakan waktu selama 2,5 jam.
  • Dari Banyuwangi: melajulah menuju Kecamatan Licin yang berjarak 15 kilometer dari Banyuwangi. Kondisi jalanan di Licin sudah sangat bagus. Setelah melalui kecamatan ini, kamu akan menemukan rute Paltuding. Dari sinilah petualangan mendaki dimulai.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Lokasi: Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 00.00-12.00 WIB

Harga tiket: WNI Rp5.000 saat hari biasa dan Rp7.500 di hari libur, sedangkan WNA Rp100 ribu di hari biasa dan Rp150 ribu pada hari libur

3. Jalur pendakian

Pendakian Gunung Ijen dimulai dari Paltuding sebagai pos pertama. Mendaki di gunung ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 2-4 jam. Kalau pengin tak terburu-buru, kamu bisa mendaki mulai pukul 00.30.

Sebelum mencapai Kawah Ijen, terdapat pos terakhir untuk beristirahat, namanya pos penimbangan atau Pondok Bunder. Bawalah persediaan logistik yang cukup, terutama air mineral dan gula merah atau cokelat sebagai tenaga selama mendaki. Sebab, selama pendakian, kamu tak akan menemukan penjual makanan.

Kalau tak kuat mendaki, kamu bisa naik ojek berupa gerobak yang ditarik 2-3 orang. Harganya rata-rata Rp100-200 ribuan.

Dapatkan harga paket yang lebih murah dan menguntungkan dengan mengambil paket wisata khusus. Menjelajah wisata Kawah Ijen kini bukan masalah lagi. Liburan hemat, berkualitas, dan lebih berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *